Belajar Fundamental Branding dan Identitas

Belajar Fundamental Branding dan Identitas

 Branding dan identitas visual ada di sekitar kita. Perhatikan baik-baik, dan Anda akan menemukannya di situs web, kemasan produk, dan berbagai jenis iklan. Bahkan barang-barang pribadi, seperti dokumen dan kartu nama, menanggung beberapa bentuk identitas. Sederhananya, branding adalah apa yang orang lain pikirkan - tentang Anda, perusahaan Anda, produk Anda, atau layanan Anda. Identitas visual adalah seperti apa merek itu, dari logo Anda hingga pilihan warna Anda dan banyak lagi.

Visual yang kuat bisa sangat persuasif. Pikirkan pengalaman Anda sendiri sebagai konsumen. Pernahkah Anda memilih produk hanya karena Anda menyukai penampilannya? Memahami identitas visual dapat membantu Anda membuat keputusan desain yang lebih bijaksana, terlepas dari peran, menengah, atau tingkat keterampilan Anda.

Melihat lebih dekat pada identitas visual

Identitas visual seperti pratinjau merek Anda. Setiap bagian dari desain Anda adalah petunjuk yang memberi tahu pemirsa apa yang dapat mereka harapkan. Estetika Anda bisa tradisional, modern, atau sedikit lebih banyak di luar sana - setiap merek berbeda. Tidak peduli apa, semua elemen desain Anda bekerja sama untuk menunjukkan dengan tepat apa merek Anda.
Tentu saja, itu tidak semua bisnis. Anda dapat menerapkan konsep identitas untuk hampir semua jenis proyek, termasuk desain pribadi. Apakah Anda memperbarui resume Anda atau mencari cara untuk meningkatkan blog Anda, ada banyak manfaat untuk memiliki gaya visual yang konsisten.

Beberapa perusahaan menggunakan panduan gaya yang sebenarnya untuk menjaga merek mereka terlihat konsisten. Jika Anda baru memulai dengan desain, tidak apa-apa untuk mengambil pendekatan yang lebih santai.

Komponen utama identitas visual adalah logo, warna, tipografi, dan gambar. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.

Logo

Logo adalah apa yang mengidentifikasi merek Anda menggunakan tanda tertentu, jenis desain, atau keduanya. Logo yang paling efektif cenderung cukup sederhana — sesuatu yang akan dikenali dan diingat pemirsa.
Setiap elemen logo Anda berkontribusi pada identitas merek Anda, termasuk pilihan font, warna, dan citra lainnya. Ubah bahkan salah satu elemen ini, dan itu dapat berdampak besar pada cara merek Anda dirasakan. Dalam prakteknya, logo ada di mana-mana. Anda akan menemukannya di pengaturan perusahaan, serta keluar dan sekitar, mewakili usaha kecil, freelancer, dan pengusaha lainnya. Logo sangat mirip dengan merek literal — begitulah cara orang mengenali Anda dan mengidentifikasi produk atau layanan Anda.

Itulah mengapa penting untuk menggunakannya dengan bijak. Logo yang pixelated, terdistorsi, atau terlalu kecil untuk dibaca dapat memberi pemirsa kesan yang salah. Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa contoh file berkualitas rendah. Untuk mengatasi hal ini, simpan salinan digital master yang tajam, berkualitas tinggi, dan cukup besar untuk proyek apa pun. Dengan cara ini, Anda siap untuk apa pun yang mungkin datang, apakah itu pekerjaan cetak kecil atau sesuatu yang jauh, jauh lebih besar.

Warna

Warna membantu mendefinisikan merek Anda dengan cara yang sangat kuat. Tidak hanya membuat kesan yang kuat pada pemirsa, tetapi juga menciptakan rasa persatuan ketika digunakan di beberapa proyek atau platform.
Sebagian besar merek memperoleh warna utama mereka langsung dari logo perusahaan. Warna tambahan dapat membantu Anda memperluas palet utama dan lebih menentukan kepribadian dan gaya merek Anda. Ada banyak cara untuk menggunakan warna merek. Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan atau mengabaikan standar desain yang diterima secara luas. Penggunaan warna yang baik adalah tentang moderasi. Hindari perangkap umum, seperti warna yang bergetar atau mengalihkan perhatian pemirsa dari pekerjaan Anda. Misalnya, pada gambar di bawah ini, teks berbenturan dengan latar belakang, sehingga sulit dibaca.
Pastikan untuk memasukkan netral dalam palet warna Anda, seperti hitam, abu-abu, putih, atau off-white. Dengan cara ini, ketika Anda menggunakan warna merek Anda, mereka benar-benar menonjol.

Tipografi

Teks adalah salah satu aspek identitas yang lebih sederhana, tetapi bisa sangat ekspresif. Yang dibutuhkan hanyalah font yang berbeda, dan Anda dapat secara halus (atau tidak secara halus) mengubah seluruh nuansa merek Anda. Sebagian besar merek memilih dua hingga tiga font sering terinspirasi oleh logo untuk penggunaan dasar sehari-hari. Font kreatif juga harus dipilih dengan hati-hati dan harus menjadi cerminan dari identitas visual unik Anda.
Ada font tertentu yang diketahui para profesional untuk dihindari font yang dulunya populer tetapi sekarang dianggap usang dan terlalu sering digunakan. Font di bawah ini adalah contoh terkenal. Jika ragu, font yang lebih abadi dan bersahaja cenderung mengurangi pesan Anda. Pilihan font Anda harus melengkapi merek Anda, tetapi masih terkini dan profesional.

Gambar

Gambar adalah bagian besar dari membangun identitas yang unik. Setiap foto, grafik, ikon, dan tombol adalah kesempatan untuk menampilkan merek Anda dan membentuk cara yang dirasakan. Dalam pengaturan profesional, gambar biasanya dibuat khusus untuk merek; Misalnya, gambar dalam katalog atau grafik dalam aplikasi. Jika Anda tidak memiliki kemewahan ini, Anda bisa mendapatkan hasil yang sama dengan memilih gambar dengan garis halus; misalnya, warna tanda tangan atau gaya serupa. Yang paling penting, hindari gambar yang terasa generik atau jelas dipentaskan. Ini sulit jika Anda mengandalkan saham pihak ketiga, tetapi ada cara untuk membedakan merek Anda. Hindari gambar yang tidak memiliki konteks atau sering muncul dalam desain merek lain. Ambil foto di bawah ini. Beberapa pemirsa mungkin merasa tidak menyenangkan karena pose paksa dan latar belakang buatan.
Sebaliknya, pilih gambar yang tampak asli dan yang menampilkan orang, tempat, dan hal-hal otentik. Gambar terbaik adalah perwujudan dari sudut pandang unik Anda. Mereka mewakili bagaimana Anda ingin dilihat ketika orang berpikir tentang merek Anda.

Menempatkan semuanya bersama-sama

Identitas visual bukan hanya alat pemasaran. Ini adalah cara untuk melihat desain yang menghilangkan banyak tebakan. Dengan visi yang jelas tentang merek Anda, Anda tahu persis warna, font, dan gambar apa yang akan digunakan. Anda dapat membuat karya konsisten yang akan diingat pemirsa. Kami harap Anda menikmati belajar tentang branding &identitas.




Posting Komentar

300 x 600 Iklan Parallax Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel